Workshop Identifikasi Pita Cukai Desain Tahun 2021

Medan (06/04) – Kanwil DJBC Sumatera Utara bersama Konsorsium Perum Peruri mengadakan  Workshop Identifikasi Keaslian Pita Cukai Desain Tahun 2021 bertempat di Gedung Keuangan Negara Medan jl. Diponegoro No.30  Lt2 Aula Toba, deengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Acara tersebut dibuka oleh Ambang Priyonggo, Plt. Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, hadir pula Sunaryo, Kasubdit Tarif Cukai dan Harga Dasar. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman identifikasi tentang desain pita cukai tahun 2021 dengan mengundang perwakilan dari beberapa kantor pelayanan Bea Cukai di Lingkungan Kanwil Sumatera Utara dan Kanwil Aceh. 

Ambang Priyonggo, Plt. Kepala Kanwil DJBC Sumut dalam pembukaannya mengatakan bahwa penerimaan cukai sekarang ini sangat berperan dalam menjaga ekonomi agar tidak merosot khususnya di masa pandemi.
Identifikasi pita cukai juga dipermudah dengan aplikasi dari Perum Peruri sehingga Bea Cukai bisa semakin baik dalam mengawasi dan meminimalkan peredaran barang kena cukai ilegal.

Dalam workshop ini Tim Konsorsium Perum Peruri juga melakukan sosialisasi tentang alur layanan identifikasi pita cukai. Dari data jumlah hasil identifikasi sampel pita cukai tahun 2020 oleh Perum Peruri, pita cukai palsu yang beredar masih ada sebanyak 22%, pita cukai bekas sebanyak 39% dari total sampel sebanyak 1 juta sampel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *