Workshop Identifikasi Pita Cukai Desain Tahun 2019

Admin/ February 12, 2019/ Keranjang Berita, Tak Berkategori/ 0 comments

Dengan mengambil lokasi di Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Kantor Pusat DJBC melalui Direktorat Teknis Fasilitas dan Cukai bekerjasama dengan Konsorsium Peruri mengadakan Workshop Identifikasi Pita Cukai Desain Tahun 2019 kepada pegawai di Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara dan Lingkungan Kantor Wilayah DJBC Aceh di Aula Rekreasi Gedung Keuangan Negara Medan, Selasa 12 Februari 2019.

Acara workshop dihadiri oleh perwakilan pegawai dari masing-masing satker yang dari kedua kantor wilayah. Kegiatan Workshop diawali dengan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Oza Olavia dan Kepala Seksi Pelunasan Cukai I, Machbub Dumron. Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Oza Olavia, dalam sambutannya memberi pesan kepada para peserta untuk benar-benar menyimak dan memahami materi yang disampaikan oleh para pemateri dan menyampaikannya kepada para pegawai di kantor masing-masing.

Kepala Seksi Pelunasan Cukai I, Machbub Dumron menyampaikan sambutan dari Direktur Teknis dan Fasilitas Cukai tentang apresiasi dari jajaran Kementerian Keuangan atas realisasi penerimaan cukai tahun 2018 yang tumbuh 4%  dari tahun sebelumnya dengan pencapaian sebesar Rp 159,3 triliun atau sebesar 102,66% dari target yang ditetapkan pada APBN-P 2018 sebesar Rp 155,40 triliun. Selain itu, apresiasi juga diberikan atas kinerja pengawasan dan penindakan di bidang cukai yang telah berhasil menekan angka peredaran rokok illegal hingga 7,04%.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tata cara identifikasi pita cukai tahun desain tahun 2019. Untuk mengidentifikasikan pita cukai desain tahun 2019 dapat dilakukan dengan melihat secara kasat mata, menggunakan kaca pembesar, scanning menggunakan holoreader, dan menggunakan sinar UV.

Cukai merupakan pungutan Negara yang dikenakan terhadap barang-barang tertentu yang konsumsinya perlu dikendalikan, peredarannya perlu diawasi, pemakaiannya dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat atau pemakaiaannya perlu pembebanan pungutan Negara.  Direktorat Jenderal Bea dan Cukai memiliki strategi untuk melakukan pengawasan terhadap barang kena cukai. Pita cukai merupakan tanda bukti bahwa barang kena cukai yang dijual sudah dilunasi cukainya sehingga bisa beredar secara legal.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*