Sosialisasi Peranan Keluarga dalam Menjaga Integritas Pegawai DJBC

Admin/ May 2, 2017/ Tak Berkategori/ 0 comments

Keluarga merupakan salah satu elemen terpenting dalam mendukung perkembangan kepribadian seseorang, termasuk pengembangan karakter diri. Keluarga merupakan pihak terdekat yang dapat mempengaruhi karakter seseorang. Atas dasar ini, pada hari Rabu, 22 Maret 2017  tepat pukul 10:00 WIB bertempat di Ruang Aula Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara telah dilaksanakan kegiatan internalisasi dengan tema “Peran Penting Istri/Suami dan Keluarga Dalam Menjaga Integritas Pegawai”. Sebanyak  150 anggota keluarga pegawai di lingkungan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara diundang untuk menghadiri kegiatan tersebut.

Internalisasi Pegawai 1

Dalam kegiatan ini, bertindak sebagai moderator, Bapak Muhammad Saptari selaku Kepala Bidang Kepatuhan Internal dan Bertindak sebagai narasumber, Kepala Kantor DJBC Sumatera Utara, Bapak Iyan Rubiyanto menyampaikan pentingnya peran keluarga dalam membentuk karakter pegawai DJBC, terutama peran penting keluarga dalam kaitannya dengan tindak gratifikasi yang akhir-akhir ini banyak menjerat aparatur sipil Negara (ASN) . Dalam kegiatan tersebut Bapak Iyan Rubianto menjelaskan kepada seluruh anggota keluarga pegawai DJBC yang hadir mengenai jenis-jenis korupsi, gratifikasi, ancaman hukuman yang dapat dijatuhkan untuk terpidana kasus korupsi serta peran penting keluarga dalam membangun integritas pegawai DJBC.

“Harapannya kalau Bapak/Ibu udah tau korupsi itu apa, hukumannya gimana, ya jangan disuruh korupsi itu suaminya/istrinya. Karena kita tahu Bapak/Ibu, hukumannya berat. Berat sekali. Keluarga pasti hancur kalau misalnya (anggota keluarga kita) terlibat korupsi” tutur Bapak Iyan Rubiyanto

Internalisasi Pegawai 2

Dalam kegiatan tersebut juga diputarkan sebuah film pendek yang mengilustrasikan kehidupan keluarga seorang pejabat pemerintah yang menjadi terpidana kasus korupsi. Setelah menonton film pendek tersebut harapannya seluruh anggota keluarga pegawai DJBC yang hadir dalam kegiatan ini sadar bahwa korupsi itu sangat buruk dan sebisa mungkin menjauhkan keluarganya dari tindakan korupsi.

Fokus terpenting yang ditekankan Bapak Iyan Rubiyanto dalam kegiatan ini adalah bagaimana keluarga bisa mendukung suami/istri atau angota keluarganya yang bekerja sebagai pegawai DJBC untuk menjaga integritasnya. “Integritas itu mahal sekali” ungkap Bapak Iyan Rubiyanto.


Teks Venta Verina

Foto Dokumentasi Kanwil

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*