Sosialisasi Kawasan Berikat (KB) Mandiri dan Penganugerahan KB Terbaik

Medan, 18/02/2021. Bea Cukai Kanwil Sumatera Utara mengajak seluruh Kawasan Berikat di bawah lingkungan Kanwil DJBC Sumatera Utara dalam sosialisasi Kawasan Berikat Mandiri sekaligus penyerahan penghargaan Kawasan Berikat Terbaik Periode 2020.

Acara diadakan secara semi virtual di Aula Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara yang dihadiri oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Sumatera Utara, Ambang Priyonggo, Kepala Kantor Bea Cukai Medan, Dadan Farid, para pejabat adiministrator beserta pejabat Pengawas dan Fungsional juga pemimpin dari 3 Kawasan Terbaik yang akan diberikan penghargaan. Sedangkan narasumber dari Direktorat Fasilitas Kantor Pusat Bea dan Cukai, Kepala Satker dan perwakilan Kawasan Berikat yang lainnya mengikuti acara tersebut secara daring.

Sosialisasi diberikan oleh Bagus Nugroho, Kasubdit Tempat Penimbunan Berikat (TPB) dan Joko Pri Sukmono, Kepala Seksi Kawasan Berikat. Bagus menjelaskan dalam Kawasan Berikat Mandiri pelayanan akan dilakukan secara mandiri oleh perusahaan dan bersifat modern karena setiap kegiatan akan dipantau melalui CCTV dan Analisa IT Inventory. Tidak hanya memberikan kepastian dan kecepatan berusaha serta efisiensi biaya dan kecepatan layanan, tapi juga berimbas pada efisiensi SDM dan anggaran sehingga diharapkan mampu meningkatkan citra positif Bea dan Cukai Indonesia di mata domestik dan dunia.

Penghargaan yang diberikan kepada Kawasan Berikat juga melalui proses seleksi dengan kriteria penilaian kawasan berikat terbaik meliputi, sarana prasarana, IT Inventory, CCTV, kepatuhan penyampaian laporan, track record kepatuhan dan pelanggaran, dan kesehatan perusahaan.

Ambang Priyonggo berterima kasih atas kinerja pengguna jasa yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pelayanan dan pengawasan yang optimal. “Saya berharap sosialisasi ini juga bisa menjadikan semangat Kawasan Berikat menuju Kawasan Berikat Mandiri. Pemberian penghargaan juga diharapkan dapat memotivasi dan memberikan dukungan untuk menggenjot kegiatan ekspor yang pada akhirnya dapat memberikan dorongan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional” jelas Ambang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *