Siswa SESKOAU dan SESAU Diberi Pembekalan Tentang Peran Bea Cukai

Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (SESKOAU) dan Sekolah Staf Angkatan Udara (SESAU) mendapatkan pembekalan tentang peran DJBC dalam sinergisitas pengamanan wilayah perbatasan dihadapkan dengan perkembangan teknologi. Pembekalan diberikan oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Oza Olavia dalam acara Kuliah Kerja Manajemen di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara pada Selasa, 10 Maret 2020. Oza Olavia memaparkan tentang tugas pokok DJBC khususnya di wilayah kerja Sumatera Utara yang saling bersinergi dengan instansi dan aparat penegak hukum lainnya.

Dalam presentasinya, Oza Olavia menyampaikan 4 tugas dan fungsi utama DJBC yang meliputi industrial assistance, community protector, trade facilitator, dan revenue collector. “Keempat tugas pokok tersebut tidak mungkin dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya sinergi yang baik antara DJBC dengan instansi dan aparat penegak hukum lainnya,” ujar Oza dalam presentasinya.

Selain itu, Oza Olavia juga menyampaikan sarana dan prasarana terkait teknologi yang digunakan oleh DJBC dalam kegiatan internal, pengawasan dan pelayanan. Ia mengatakan saat ini DJBC sedang menggunakan aplikasi CEISA (Customs-Excise Information System and Automation) CEISA 4.0 dalam melakukan pengawasan dan pelayanan. Di akhir presentasinya, Oza Olavia memaparkan capaian kinerja Kanwil DJBC Sumatera Utara pada tahun 2019.

Capaian kinerja Kanwil DJBC Sumatera Utara pada tahun 2019 terkait pengawasan tercapai berkat adanya sinergi yang baik dengan instansi dan aparat penegak hukum terkait. Pada tahun 2019, Kanwil DJBC Sumatera Utara berhasil menegah 24 juta batang rokok ilegal, 250 kg narkotika yang terdiri dari 228.936 gram metamphetamine, 167.731 butir pil ekstasi, 26 gram daun khat, dan 150 butir pil YABA.

Dalam acara tersebut para perwira siswa juga diberikan pembekalan oleh Gubernur Sumatera Utara, Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (PANGKOSEKHANUDNAS) III, dan Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (DANLANTAMAL) I Belawan.

Diharapkan dengan adanya pembekalan tersebut para perwira siswa dari SESKOAU dan SESAU ini dapat memahami tugas dan fungsi DJBC sehingga dapat meningkatkan sinergi dalam melakukan pengamanan di wilayah perbatasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *