Sinergi BC Kepri dan BC Sumut Gagalkan Penyelundupan 9,5 Juta Batang Rokok Ilegal

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Utara gelar press release atas penggagalan penyelundupan 9,5 juta batang rokok ilegal di Pangkalan Operasi Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Selasa (14/12). Penindakan dilakukan pada Sabtu (27/11) oleh Tim Patroli Bea Cukai dari Kanwil Khusus Bea dan Cukai Kepulauan Riau dengan kapal BC-10002 bersinergi dengan Kanwil DJBC Sumut.

Satu unit Kapal Motor dengan nama Kapal KM. Kembar Mandiri GT. 165 di Perairan Timut Laut Pulau Berhala, Sumatera Utara yang berasal dari Singapura tujuan Sigli, Aceh, berhasil diamankan petugas. Dari penindakan ini ditetapkan 5 (lima) Tersangka dengan inisial: Saudara. M, Saudara ZP, Saudara AFS, Saudara OA, Saudara ADP, serta barang bukti sebanyak 9.500.000 (sembilan juta lima ratus ribu) Batang Rokok. Perkiraan nilai barang berupa rokok yang gagal diselundupkan tersebut berjumlah Rp 4.750.000.000,00 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 10.751.494.850,00.

Selain faktor masalah kesehatan, peredaran rokok ilegal juga dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan industri rokok yang mengakibatkan tutupnya Pabrik Rokok Dalam Negeri. Lebih lanjut dengan banyaknya rokok illegal yang beredar akan berakibat pada menurunnya pendapatan negara di bidang cukai.

“Saya harap sinergi Bea Cukai dengan aparat penegak hukum lain yang telah dilakukan selama ini akan dapat kita tingkatkan di tahun 2022 mendatang. Partisipasi dan peran aktif masyarakat untuk mencegah masuknya barang-barang illegal juga sangat kami diharapkan. Caranya mudah, cukup dengan tidak mengkonsumsi dan menggunakan barang illegal,” tutup Parjiya, Kepala Kanwil DJBC Sumut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *