Rapat Pembahasan Program atau Kegiatan yang Dialokasikan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau

Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara hadiri Rapat Pembahasan Program atau Kegiatan yang Dialokasikan dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBH CHT), Selasa (30/11). Bertempat di Kantor Gubernur Sumatera Utara, Bea Cukai hadir sebagai pemantau sekaligus evaluator dalam pelaksanaan penggunaan DBH CHT di Provinsi Sumatera Utara. Selain Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai koorinator pengelolaan dan pemanfaatan DBH, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari 33 Kabupaten Kota di Sumatera Utara.

Menurut pasal 1 angka 2 Peraturan Menteri Keuangan nomor 206/PMK.07/2020 tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil CUkai Hasil Tembakau, DBH CHT merupakan bagian dari Transfer ke Daerah yang dibagikan kepada Provinsi penghasil cukai dan/atau provinsi penghasil tembakau.

Hadir sebagai narasumber, Tomy Irsan, Kepala Seksi Penindakan II, bawakan materi ketentuan cukai dan pemanfaatan DBH CHT di bidang penegakan hukum. Pemberantasan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal merupakan salah satu tujuan dari diberikannya DBH CHT ke Pemerintah Provinsi. Pemanfaatan DBH yang optimal dalam bidang penegakan hukum ini akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat dan penerimaan negara di sektor cukai.

Dengan berkurangnya peredaran BKC ilegal di Sumatera Utara, produk hasil olahan tembakau produksi dalam negeri akan dapat bersaing. Dengan baiknya ekosistem pasar di dalam negeri, perusahaan pengolah tembakau akan dapat lebih mensejahterakan masyarakat dengan terserapnya tenaga kerja dalam negeri. Lebih lanjut, pendapatan negara dari sektor cukai akan meningkat.

Peran serta pemerintah daerah dalam optimalisasi pemanfaatan DBH CHT sangat berperan penting dalam mensejahterakan masyarakat. “Tidak hanya pemanfaatan di bidang penegakan hukum, saya harap pemerintah daerah juga dapat memanfaatkan DBH ini dengan baik di sektor kesehatan dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Tomy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *