Monitoring dan Evaluasi Joint Program Kementerian Keuangan Sumatera Utara

Masih dalam tema sinergi dan koordinasi, Kementerian Keuangan mengadakan monitoring evaluasi joint program tahun 2021 dalam rangka memaksimalkan pundi negara di tengah pandemi ini.

Sinergi antar unit eselon I Kementerian Keuangan sangat penting, guna mempererat antar unit vertikal di daerah dengan mendorong kehadiran dan peran Kementerian Keuangan yang lebih tajam bagi perekonomian daerah. Kemenkeu telah menyelenggarakan Program Secondment Tema Penerimaan Joint-Program tahun 2021. Tema Penerimaan yang diusung mencakup antara lain Ekspor-Impor, Kawasan Berikat, Komoditas, Cukai, Perkebunan, Aset Barang Milik Negara (BMN), dan Sistem Informasi.

Monitoring dan Evaluasi kali ini diadakan selama 2 hari dari 18 November sampai dengan 19 November 2021, di Aula Gedung Keuangan Negara Medan. Adapun beberapa pembahasan yang menjadi fokus pada kali ini ialah pengawasan komoditas sarang burung walet dan kelapa sawit, dikarenakan 2 komoditas ini mengalami pertumbuhan nilai ekspor yang lumayan tinggi pada tahun ini.

Selain itu, perwakilan DJBC, DJPb, DJKN, DJP juga turut menyampaikan laporan dan melakukan diskusi tema sentral Kementerian Keuangan. Acara ini juga dihadiri secara luring oleh Staf Ahli Penerimaan Negara dan secara daring oleh Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi. Kegiatan hari ini ditutup dengan kunjungan ke salah satu pelaku usaha sarang burung walet di Kabupaten Deli Serdang untuk melihat proses bisnis secara langsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *