Majukan Industri Dalam Negeri, BC Sumut Terbitkan Izin KITE Pengembalian

Admin/ May 29, 2019/ Keranjang Berita/ 0 comments

Dalam rangka meningkatkan daya saing industri dalam negeri, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Sumatera Utara menerbitkan izin fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) Pengembalian pertama di Sumatera Utara. Hal ini sejalan dengan fungsi Bea Cukai yaitu sebagai Trade Facilitator dan Industrial Assistance. Izin fasilitas KITE Pengembalian ini diberikan kepada PT Anugerah Samudera Hindia di Kanwil DJBC Sumatera Utara, Gedung Keuangan Negara Medan, Senin 28 Mei 2019.

Fasilitas KITE Pengembalian adalah salah satu fasilitas fiskal yang ditawarkan oleh Bea Cukai. Dengan adanya fasilitas ini, perusahaan yang melakukan importasi bahan baku untuk kemudian diolah menjadi barang jadi dengan berorientasi ekspor, akan dikembalikan bea masuk atas importasi bahan bakunya sebesar barang jadi yang diekspor. Hal ini tentunya dapat mengurangi biaya serta meningkatkan daya saing perusahaan dalam negeri di pasar internasional.

PT Anugerah Samudera Hindia yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Utara berdiri sejak tahun 2002. Perusahaan yang telah lama melakukan kegiatan ekspor impor ini merupakan perusahaan pengolahan ikan tuna dengan produk Frozen Precooked Tuna Loins. Ikan tuna PT Anugerah Samudera Hindia yang diolah oleh hampir 1000 orang tenaga kerja lokal ini telah diekspor ke Eropa, Afrika Utara, Timur Tengah, dan Asia.

Marketing Manager PT Anugerah Samudera Hindia, Jimmy Chandra, mengungkapkan rasa terimakasih atas pelayanan yang tepat waktu dan penetapan keputusan yang sangat cepat. “Kami berharap dengan adanya fasilitas KITE Pengembalian ini, fasilitas dan kapasitas produksi serta devisa ekspor kita akan berkembang pesat,” ujar Jimmy. (dit)

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*