Kunjungan Kerja ke Bea Cukai Sumut, Dirjen Bea Cukai dan Staf Ahli Menkeu Tinjau Pemulihan Ekonomi

Dalam rangka meninjau pemulihan ekonomi di Sumatera Utara, Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Askolani dan Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Penerimaan Negara, Oza Olavia melakukan kunjungan kerja ke Bea Cukai Sumatera Utara, Kamis (07/10). Selain melakukan kunjungan ke kantor-kantor Bea Cukai, Dirjen Bea Cukai dan Sahli Menkeu juga meresmikan Satuan Pelayanan Laboratorium Bea dan Cukai Kuala Tanjung serta kunjungi perusahaan penerima fasilitas kepabeanan di Kawasan Industri Medan II.

Kunjungan kerja ini juga diikuti oleh jajaran Direktur yang ada di DJBC yaitu Sekretaris Direktorat Jenderal, Robi Toni; Direktur Penindakan dan Penyidikan, Bahaduri Wijayanta; Direktur Teknis Kepabeanan, Fadjar Donny; Direktur Fasilitas Kepabeanan, Untung Basuki; KSTU Dirjen dan rombongan.  Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumut, Parjiya, dan Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Kualanamu, Elfi Haris, selaku tuan rumah menyambut hangat kedatangan Dirjen dan Sahli beserta rombongan di Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Kunjungan kerja kali ini diawali dengan tur kondisi terminal kedatangan internasional dan dilanjutkan ke KPPBC TMP B Kualanamu. Melihat kondisi Bandar Udara Internasional Kualanamu yang masih sepi, Dirjen Bea Cukai berpesan agar seluruh jajaran tetap siaga dan tidak lengah terhadap adanya potensi pemasukan barang-barang berbahaya ke Indonesia. Tur dilanjutkan dengan meninjau salah satu inovasi dari KPBBC TMP B Kualanamu yaitu Customs Declaration Online (CD Online) di terminal kedatangan internasional. CD Online rencananya akan diimplementasikan secara nasional dalam waktu dekat.

Selanjutnya seluruh tim bertolak menuju Kawasan Industri Medan II di Deli Serdang. Dirjen Bea Cukai dan Sahli Menkeu beserta seluruh rombongan meninjau salah satu perusahaan pengolah CPO (Crude palm Oil) terbesar di Indonesia dan juga merupakan perusahaan yang telah menerima berbagai fasilitas fiskal dari Kementerian Keuangan yaitu PT Musim Mas. Disini Dirjen Bea Cukai dan Sahli Menkeu mulai menanyakan kondisi perusahaan, mulai dari kondisi pegawai hingga pemanfaatan fasilitas fiskal yang telah diberikan. Diharapkan dengan hadir langsung, Kementerian Keuangan dapat lebih mengerti kondisi perekonomian di Sumatera Utara.

Kunjungan kerja dilanjutkan dengan mengunjungi Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara di Medan. Disini Dirjen Bea Cukai meresmikan Satuan Pelayanan Laboratorium Bea dan Cukai Kuala Tanjung dan Pembangunan Rumah Dinas di KPPBC TMP C Kuala Tanjung yang disaksikan oleh Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Penerimaan Negara. Tidak hanya itu, Dirjen Bea Cukai beserta Sahli Menkeu menyapa seluruh pejabat/pegawai Bea Cukai di Sumatera Utara melalui kegiatan “Dirjen Bea Cukai Menyapa”. Dalam sapaannya, Dirjen Bea Cukai mengapresiasi kinerja seluruh pegawai Bea Cukai Sumut. “Dalam masa pandemi dengan semua keterbatasan, saya harap semua teman-teman bea cukai dapat menjaga komitmen dan integritasnya dalam melaksanakan tugas”, ujar Askolani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *