Networking Visit Kastam Diraja Malaysia ke Bea Cukai Sumut

Sebagai bentuk sinergi hubungan bilateral antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dengan Kastam Diraja Malaysia, Bea Cukai Sumatera Utara sambut kedatangan Atase Kastam Diraja Malaysia, Mohd Syukri Ahmad. Dalam kunjungan kerja ini Mohd Syukri Ahmad mengunjungi Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Kualanamu pada Selasa (05/10) serta Balai Laboratorium Bea dan Cukai (BLBC) Kelas II Medan dan KPPBC TMP Belawan pada Rabu (06/10).

Kunjungan kerja diawali di Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara. Sambutan diberikan langsung oleh Parjiya selaku Kepala Kantor Wilayah DJBC Kanwil Sumatera Utara, Deny Sudrajat selaku Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Iwan Riswanto selaku Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai, serta Fatima Ritha Uli selaku Kepala Seksi Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat. Membahas pengawasan barang-barang yang dibatasi dan juga barang-barang terlarang, Parjiya berharap adanya komunikasi yang baik dengan pihak Kastam Diraja Malaysia sehingga dapat bersama menuntaskan masalah ini. “Saya harap kerja sama yang selama ini telah terjalin dapat terus ditingkatkan. Tidak hanya dalam pengawasan barang-barang berbahaya, namun bisa berkembang ke kerja sama lain yang saling menguntungkan”, ujar Parjiya.

Kemudian didampingi oleh Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan, Mohd Syukri Ahmad bertolak menuju KPPBC TMP B Kualanamu. Disini ia disambut oleh Elfi Haris selaku Kepala Kantor beserta jajaran. Banyak hal yang dibahas dalam diskusi yang dilakukan di Aula Cakrawala KPPBC TMP B Kualanamu. Dimulai dari penurunan jumlah penumpang di Bandar Udara Internasional Kualanamu hingga inovasi-inovasi pelayanan yang telah dikembangkan oleh KPPBC TMP B Kualanamu.

Keesokan harinya Mohd Syukri Ahmad melanjutkan kunjungannya ke BLBC Kelas II Medan. Heni Kusmaryani selaku Kepala Balai beserta jajaran memperkenalkan BLBC Kelas II Medan yang merupakan salah satu dari tiga Balai Laboratorium yang ada di Bea Cukai. Disini Mohd Syukri Ahmad diajak mengelilingi ruangan-ruangan yang ada, lengkap dengan perkenalan instrument serta demo pengujian barang.

Setelah itu Mohd Syukri Ahmad pergi mengunjungi KPPBC TMP Belawan yang letaknya masih di lingkup Pelabuhan Belawan tidak jauh dari BLBC Kelas II Medan. Mohd Syukri Ahmad ditemui oleh Tri Utomo Hendro Wibowo selaku Kepala Kantor beserta jajaran. Pelabuhan Belawan sebagai pintu gerbang keluar masuknya barang-barang di Sumatera Utara memerlukan pengawasan dan pelayanan yang ekstra. Disini Mohd Syukri Ahmad diajak berkeliling melihat instrumen-instrumen pengawasan yang digunakan serta bagaimana pemberian pelayanan yang diberikan KPPBC TMP Belawan kepada pengguna jasa.

Networking visit ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk saling bertukar informasi, menjalin sinergi, dan kolaborasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *