Kemenkeu Adakan Seminar E-commerce di Medan

Admin/ September 17, 2019/ Keranjang Berita/ 0 comments

Berkembangnya e-commerce serta semakin maraknya pemanfaatan financial technology di Indonesia, melatarbelakangi diadakannya “Seminar e-commerce di Era Ekonomi Digital: Peluang dan Tantangan” oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu RI), Selasa (17/9). Seminar yang ditujukan untuk perwakilan pegawai dari satuan kerja vertikal Eselon I Kemenkeu RI di Sumatera Utara ini dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Utara, Oza Olavia, di Ballroom Hotel J.W. Marriott, Medan.

Dengan diadakannya seminar ini diharapkan dapat membuka jembatan komunikasi antara sektor pemerintah –peranan kementerian keuangan– dan juga perspektif dari pelaku usaha mengenai tantangan dan juga peluang dari e-commerce. Narasumber dalam seminar ini adalah Public Colace and Government Relation Manager PT Dompet Anak Bangsa (Go-Pay), Novianti Nur Laili Khairina; Associate Vice President of Public Policy and Government Relation Bukalapak dan juga sebagai Kepala Divisi Ekonomi Digital E-commerce IDEA, Bima Laga; Kepala Pusdiklat Keuangan BPPK Kemenkeu; Tenaga Ahli Senior Bidang Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; Kepala Subdirektorat Teknis Kepabeanan; Kepala Seksi Pertukaran Informasi Perpajakan Internasional I Dierktorat Jenderal Pajak.

Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia terutama di bidang financial technology dan e-commerce ini merupakan hal yang relatif baru di Indonesia, sehingga mau tidak mau harus diikuti. Toko online (online shop) serta uang elektronik (electronic money) yang semakin masif dipergunakan, mengharuskan pegawai Kemenkeu RI untuk lebih paham dan mengerti betul mengenai celah-celah yang ada pada financial technology. Dengan dipahaminya celah-celah pada financial technology pegawai Kemenkeu diharapkan dapat mencari sektor dimana financial technology ini dapat dikembangkan dan dikelola dengan maksimal sehingga dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat. Dalam sambutannya, Oza Olavia, menekankan bahwa perlu ada kerjasama yang jelas dari pemerintah kemudian dari pelaku bisnis. “Kita sebagai pemerintah akan selalu mendukung kegiatan perekonomian secara keseluruhan, memfasilitasi e-commerce di Indonesia. Dengan demikian masyarakat dapat memanfaatkan dengan maksimal era ekonomi digital ini,” ujar Oza.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*