Kapal Bea Cukai Selamatkan Warga Di Perairan Pulau Anua

Admin/ September 24, 2019/ Keranjang Berita/ 0 comments

Tim patroli laut dari Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara menyelamatkan empat warga Kisaran dan Panipahan yang nyaris tenggelam di perairan Pulau Anua, Sumatera Utara pada Kamis 19 September 2019 sekitar pukul 01.30 WIB.

Penyelamatan dilakukan ketika tim yang sedang melakukan kegiatan patroli laut menggunakan kapal BC 20005 melihat adanya kapal yang sedang terombang-ambing di lautan. Ditengah cuaca yang buruk dan ombak yang tinggi, tim berupaya merapat ke kapal tersebut untuk memeriksa kondisi kapal. Setelah berhasil merapat, didapati dek kapal yang diketahui bernama KM Alfatih Pratama ternyata sudah digenangi air. Melihat kondisi tersebut tim langsung mengevakuasi awak kapal lalu membiarkan kapal KM Alfatih Pratama terapung sembari menunggu cuaca membaik. Namun, karena cuaca yang tak kunjung membaik akhirnya kapal KM. Alfatih Pratama tenggelam.

Pada Jum’at pagi 20 September 2019, tim patroli laut dari Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Teluk Nibung melakukan penjemputan dan serah terima awak kapal KM Alfatih Pratama dari tim patroli BC  20005 untuk dibawa ke daratan menggunakan kapal BC 15031. Sementara itu, tim patroli BC 20005 kembali melanjutkan patroli di perairan Sumatera Utara.

Keempat awak kapal KM Alfatih Pratama diketahui masing-masing bernama Wahyudi dan Supriyatno warga Kisaran serta Jesminar dan Mayruli Arahim warga Panipahan, Sumatera Utara. Seluruhnya dapat kembali ke tempat asalnya dengan keaadan selamat.

Dalam melaksanakan patroli, petugas bea dan cukai dibekali pengetahuan umum tentang penyelamatan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal darurat yang kemungkinan bisa terjadi di lautan.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*