Implementasi NLE di Pelabuhan Kuala Tanjung

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai dibawah Kementerian Keuangan bersama Kementerian dan Lembaga lainnya berusaha terus mengupayakan implementasi National Logistic Exosystem (NLE) sesuai Instruksi Presiden Nomor 5 tahun 2020 demi terciptanya ekosistem logistik nasional yang efisien, sederhana, standar, murah dan transparan. NLE menjadi wujud kerja sama pemerintah mendorong penurunan biaya logistik perdagangan internasional.

“Pelabuhan yg notabene sudah lengkap, akan lebih mudah penerapan nya,” ungkap Kepala Bidang Fasilitas kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara Deny Sudrajat dalam Rapat Implementasi NLE bersama Komunitas Pelabuhan Kuala Tanjung dan Direktur Informasi Kepabeanan dan Cukai Agus Sudarmadi di Kantor Bea Cukai Kuala Tanjung, Kamis (09/12).

Pelabuhan Kuala Tanjung menjadi salah satu pelabuhan berikutnya di bawah pengawasan Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara setelah Belawan yang akan diterapkannya NLE. Dukungan komunitas di pelabuhan akan menentukan keberhasilan penerapan NLE nilai Deny Sudrajat pada kesempatan yang sama.

“Pergerakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei semoga bisa berjalan lancar dengan kemudahan di pelabuhan Kuala Tanjung,” tambahnya.

“Kuala tanjung ini bagian dari proyek strategis nasional,” jelas Staf Ahli Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Sahat Manaor Panggabean pada kesempatan terpisah di rapat yang sama.

Bea Cukai diseluruh daerah melakukan sosialisasi dan harmonisasi kebijakan untuk mengimplementasikan NLE di Indonesia. Semenjak perencanaan NLE aktivitas pelabuhan Kuala Tanjung semakin meningkat dilihat dari jumlah arus peti kemas yang masuk sejak 2019 sampai 2021 meningkat pesat. Tahun 2019 tercatat 23.937 teus, untuk tahun 2020 54.011 teus dan pada 2021 sampai awal Desember tercatat sebanyak 63.028 teus untuk peti kemas domestik dan internasional. Hal ini sesuai dengan data milik PT Prima Multi Terminal sebagai pengelola pelabuhan. Setelah rapat tim melanjutkan sesi diskusi dan kunjungan lapangan ke pelabuhan Kuala Tanjung demi meninjau kondisi terkini serta melihat sarana prasarana yang dimiliki pelabuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *