IHT Penetapan Tarif Cukai Hasil Tembakau

Dalam rangka peningkatan kompetensi pegawai, Kanwil Bea Cukai Sumatera Utara adakan In House Training (IHT) Penetapan Tarif Cukai Hasil Tembakau untuk seluruh pegawai Bea Cukai di Sumatera Utara, Jumat (26/02). IHT dilaksanakan secara daring sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 yang dianjurkan pemerintah.

Sebagai narasumber Bernandus Nababan dari KPPBC Pematangsiantar. Pelaksana tugas Kanwil DJBC Sumatera Utara, Ambang Priyonggo, mengatakan bahwa penetapan tarif Cukai Hasil Tembakau (CHT) merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh seluruh pegawai Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). “Pegawai BC Sumut harus memiliki kemampuan yang menyeluruh, baik itu tentang kepabeanan maupun cukai,” ujar Ambang.

Berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai, Cukai Hasil Tembakau meliputi sigaret, cerutu, rokok daun, tembakau iris, dan hasil pengolahan tembakau lainnya, dengan tidak mengindahkan digunakan atau tidak bahan pengganti atau bahan pembantu dalam pembuatannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *