Dukung Kegiatan Ekspor, Bea Cukai Sumut Terbitkan Izin Pusat Logistik Berikat Baru

Admin/ February 21, 2019/ Keranjang Berita, Tak Berkategori/ 0 comments

Guna mendukung kegiatan ekspor di provinsi Sumatera Utara, Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara kembali menerbitkan izin fasilitas Pusat Logistik Berikat (PLB). Izi fasilitas kali ini diberikan kepada PT Permata Hijau Palm Oleo (PT PHPO) setelah perusahaan tersebut melakukan pemaparan proses bisnis di Aula Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara pada Rabu (20/02). Pemaparan proses bisnis tersebut dihadiri oleh Oza Olavia selaku Kepala Kanwil DJBC Sumatera    Utara beserta para Pejabat Eselon III dan IV Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Sonny selaku Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B (KPPBC TMP B) Medan dan pejabat pemeriksa lapangan.

Dalam pemaparannya, jajaran direksi PT PHPO menyampaikan maksud dan tujuan mendirikan PLB, Sistem Pengendalian Internal (SPI) dan proses bisnis yang akan dijalankan. Pada pemaparan tersebut dalam kurun waktu kurang lebih satu jam Direktur PT PHPO, Widya Virgo beserta timnya menjelaskan dengan sangat detil kepada para Pejabat Bea dan Cukai yang hadir. IT Inventory dan CCTV yang menjadi sarana wajib dimilikipun diperagakan secara langsung pada pemaparan tersebut.

Untuk menguji pemaparan yang disampaikan, setelah pemaparan selesai, maka berlanjut dengan pertanyaan dari Bea Cukai yang dipimpin oleh Oza Olavia. Berbagai pertanyaan yang diberikan oleh para Pejabat Bea dan Cukai kepada PT PHPO mampu dijawab dengan baik sehingga tidak butuh waktu lama untuk melanjutkan ke sesi berikutnya.

Setelah menyimak pemaparan proses bisnis dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, para Pejabat Bea dan Cukai melakukan diskusi internal untuk memutuskan bahwa pengajuan izin PLB tersebut diterima atau ditolak. Dalam kurun waktu kurang dari 30 menit, Pejabat Bea dan Cukai sudah bisa memutuskan bahwa izin fasilitas PLB yang diajukan oleh PT PHPO dinyatakan diterima dan penandatanganan surat keputusan persetujuanpun dilakukan pada saat itu juga.

Setelah menerbitkan Surat Keputusan tersebut, Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara mengungkapkan harapannya. “Saya berharap dengan terbitnya izin PLB ini dapat meningkatkan ekonomi Sumatera Utara terutama meningkatkan kegiatan ekspor yang ada di Sumatera Utara,” ungkapnya.

Direktur PT PHPO, Widya Virgo juga mengungkapkan apresiasi dan harapannya setelah menerima surat keptusan tersebut. “Saya berterima kasih kepada Bea Cukai, dalam waktu yang sangat singkat sekali kita bisa langsung mendapatkan izin PLB ini, mudah-mudahan adanya PLB ini dapat meningkatkan ekspor lebih dari 15%,” ujarnya.

Saat ini pemerintah memang sedang mengupayakan percepatan perizinan. Untuk perizinan fasilitas dari Direktorat jenderal Bea dan Cukai, dalam kurun waktu maksimal satu jam setelah pemaparan proses bisnis selesai harus sudah ada keputusan persetujuan atau penolakan. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 29/PMK.04/2018 tentang Percepatan Perizinan Kepabeanan dan Cukai. Dengan percepatan perizinan ini, diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian Indonesia.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*