Dukung Industri Dalam Negeri, BC Hadiri Ekspor Raya Komoditas Perikanan

Admin/ July 19, 2019/ Keranjang Berita/ 0 comments

Dalam rangka memperingati Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan Tahun 2019, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Utara dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Belawan hadiri Ekspor Raya Komoditas Perikanan di Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Medan II, Belawan, Jumat (19/7).

Peringatan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan Tahun 2019 ini diselenggarakan di Lima Pelabuhan Utama. Kelima pelabuhan tersebut adalah Tanjung Priok, Belawan, Tanjung Perak, Tanjung Mas, dan Soekarno Hatta. Acara yang tersambung melalui konferensi video ke empat pelabuhan lain ini dihadiri oleh Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Menteri Keuangan yang diwakili oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai, dan Kepala BKIPM KKP di Pelabuhan Tanjung Priok.

Peringatan Bulan Bakti Karantina dan Mutu Hasil Perikanan Tahun 2019 di Belawan turut mengundang pelaku ekspor dan pengolah di bidang perikanan. Sebanyak sebelas kontainer dengan periode ekspor mulai dari tanggal 19 sampai dengan 23 Juli berhasil dikumpulkan untuk memeriahkan ekspor raya ini. Kedepannya DJBC dan BKIPM akan terus meningkatkan sinergi untuk menjadi lebih baik, tidak hanya mempercepat proses ekspor, sinkronisasi Pemberitahuan ekspor Barang (PEB) dan Health Certificate pun akan segera dilakukan pada Indonesia Nasional Single Window (INSW).

Pada kesempatan ini, Kepala BKIPM Medan II, Edi Santoso, menyebutkan bahwa mungkin Belawan merupakan bagian kecil dari ekspor perikanan, namun eksistensi dan pelayanan yang ditawarkan sudah berbasis digital dan akan semakin membaik dari waktu ke waktu. “Diharapkan semua rekan rekan pelaku usaha dalam melakukan usaha dalam melaksanakan produk perikanannya selalu bersumber dari penangkapan yang ramah lingkungan dan juga tidak merupakan produk-produk perikanan yang dilindungi atau dilarang,” ujar Edi.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*