Customs Narcotics Cyber Crawling Targeting

Meningkatnya arus perdagangan melalui e-commerce membuat perdagangan gelap Narkoba, Psikotropika, dan Prekursor (NPP) menjadi semakin mudah dan cepat. Melihat kondisi ini BC Kanwil Sumut mengadakan Bimbingan Teknis Customs Narcotics Cyber Crawling Targeting (CNCCT) untuk pegawai di lingkungan Sumatera Utara. Bertempat di Aula Toba, Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, acara diselenggarakan selama tiga hari mulai dari Selasa (07/06) sampai (09/06).

Bimbingan Teknis ini mengadirkan Kepala Subdirektorat Analisis dan Target Narkotika, Tery Zakiar Muslim; Kepala Seksi Taktis dan Pendalaman Target, Riyanto Hadi Saputro; dari Direktorat Interdiksi Narkotika sebagai narasumber.

Kepala Kanwil DJBC Sumatera Utara, Parjiya, menekankan bahwa BC Kanwil Sumut terus melaksanakan pengawasan dan berupaya memberantas penyelundupan NPP di perbatasan Sumatera Utara dengan negara tetangga. “Saya harap bimbingan teknis ini dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pengawasan yang lebih kuat kedepannya. Usaha kita meningkatkan pengawasan ini dapat melindungi generasi muda Sumatera Utara dari NPP,” Ujar Parjiya.

Bimbingan teknis ini mencakup update peta kerawanan NPP; modus-modus penyelundupan; alat deteksi dan identifikasi NPP; Pengawasan Pengusaha Jasa Titipan (PJT), kargo laut, Open Source Intelligence (OSINT); simulasi Analisa dan pengumpulan informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *