Berantas Rokok Ilegal, Bea Cukai Kanwil Sumut Lakukan Sosialisasi di RRI Pro 2 FM Medan

Bea Cukai Kanwil Sumut menyapa masyarakat Medan melalui siaran radio di Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 Medan, Selasa (29/11). Siaran kali ini untuk memberikan pemahaman mengenai rokok ilegal dan pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) kepada masyarakat. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk menekan peredaran rokok illegal di wilayah Sumatera Utara. Sosialisasi ini berlangsung di RRI Pro 2 FM Medan 92.4 FM @pro2mdn bersama dengan Deny Sudrajat, Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai dan Meidita Latifah, Pelaksana Bidang Fasilitas Kepabeanan dan Cukai.

Beberapa hal yang disampaikan yaitu ciri rokok illegal dan pemanfaatan DBHCHT. Ciri rokok illegal antara lain; rokok atau hasil tembakau tanpa dilekati dengan pita cukai atau biasa disebut rokok polos; rokok atau hasil tembakau dilekati dengan cukai palsu; rokok atau hasil tembakau dilekati pita cukai yang bukan peruntukannya dan bukan haknya; serta rokok atau hasil tembakau yang menggunakan pita cukai bekas. Dalam hal pemanfaatan DBHCHT, pemerintah membagi pemanfaatan tersebut ke beberapa sector seperti bidang kesejahteraan masyarakat, penegakan hukum, kesehatan, dan pembangunan daerah.

Selain itu Bea Cukai Kanwil Sumut ingin menekankan bahwa legal itu mudah. “Pemberantasan rokok illegal tidak hanya tugas dari unsur pemerintah semata, namun dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk menjadi bagian dari pelaksanaan program tersebut,” ujar Deny.

Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat membantu memberantas peredaran rokok illegal yang merugikan, dengan tidak mengonsumsi rokok illegal dan melaporkan apabila mengetahui informasi peredaran rokok illegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *