Bea Cukai Sumut Terbitkan Izin Kawasan Berikat Kepada Eksportir Hand Former Terbesar di Dunia

Admin/ January 31, 2019/ Keranjang Berita, Tak Berkategori/ 0 comments

Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara menerbitkan izin fasilitas Kawasan Berikat kepada PT Mark Dynamics Indonesia (MDI) Tbk pada pada hari Kamis, 31 Januari 2019 di Gedung Keuangan Negara Medan.

Dalam mengajukan perijinan fasilitas Kawasan Berikat, PT Mark Dynamics Indonesia (MDI) Tbk telah melalui beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahapan pengajuan izin antara lain melakukan registrasi di INSW, validasi data, pemeriksaan lokasi dan pemeriksaan dokumen oleh KPPBC TMP B Medan dan terakhir melakukan pemaparan proses bisnis di Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara. Setelah pemaparan proses bisnis dilaksanakan, Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara beserta jajarannya melakukan diskusi internal sebelum menerbitkan surat keputusan izin Kawasan Berikat. Pada kesempatan kali ini, izin Kawasan Berikat diterbitkan 40 menit setelah pemaparan selesai.

Dalam acara tersebut, Presiden Direktur PT MDI, Ridwan Goh mengatakan bahwa dengan menggunakan fasilitas Kawasan Berikat ini, perusahaan dapat menurunkan biaya impor yang cukup besar dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja hingga 150 orang pada tahun pertama. “Fasilitas Kawasan Berikat akan sangat bermanfaat bagi pabrik baru kami karena dapat meningkatkan kapasitas produksi. Untuk tahun 2019 diperkirakan akan terdapat peningkatan produksi di pabrik baru sebesar 80.000 unit per bulan dan meningkatkan penambahan penjualan sebesar 960.000 unit per tahun.” Tambah Budi Muharsyah, Direktur Keuangan PT MDI.

“Dengan terbitnya izin fasilitas Kawasan Berikat ini, saya harap dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi untuk PT MDI. Kami juga sangat mengharapkan masukan-masukan dari para pengguna jasa agar kami dapat meningkatkan terus pelayanan kami.” ujar Oza Olavia, Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara.

PT Mark Dynamics Indonesia Tbk merupakan perusahaan yang memproduksi hand former berbahan dasar keramik sebagai cetakan berbagai jenis sarung tangan karet & nitrile.  Pada tahun 2017 perusahaan yang lokasi pabrik utamanya di Tanjung Morawa ini memiliki kapasitas produksi PT MDI sebesar 5.040.000 dan merupakan eksportir terbesar di dunia untuk barang sejenis. 95% produk PT MDI diekspor ke Malaysia, Thailand dan Vietnam. Sedangkan 5% persennya di jual di Indonesia. Fasilitas Kawasan Berikat ini merupakan yang kedua yang didapatkan oleh PT MDI mengingat PT MDI sedang membangun pabrik baru. Sebelumnya PT MDI sudah mendapatkan fasilitas Kawasan Berikat untuk pabrik utamanya.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*