Bea Cukai Sumut Semangati Pengusaha PLB

Humas Sumut/ June 20, 2019/ Keranjang Berita/ 0 comments

Dalam rangka memberikan dukungan moral kepada pelaku usaha Pusat Logistik Berikat (PLB), Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (Kanwil DJBC) Sumatera Utara turut menghadiri pembukaan (Grand Opening) PLB PT Samudera Raya Berjaya yang berlokasi di Jalan MG. Manurung nomor 89, Timbang Deli, Medan Amplas, Medan, Sumatera Utara, Rabu (19/06).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Belawan, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Medan, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Pematangsiantar, Direksi PT Samudera Raya Berjaya, serta Kepala VAS DHL Global Forwarding.

Menurut Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 28/PMK.04/2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 272/PMK.04/2015 tentang Pusat Logistik berikat, Pusat Logistik Berikat yang selanjutnya disingkat PLB adalah Tempat Penimbunan Berikat (TPB) untuk menimbun barang asal luar daerah pabean dan/atau barang yang berasal dari tempat lain dalam daerah pabean, dapat disertai 1 (satu) atau lebih kegiatan sederhana dalam jangka waktu tertentu.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumatera, Oza Olavia, mengatakan bahwa saat ini perizinan sudah lebih mudah, pengurusan perizinan tidak lagi diharuskan ke Kantor Pusat, tapi cukup sampai Kantor Wilayah saja. “Saya harap izin yang sudah diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh PT Samudera Raya Berjaya untuk turut ikut melancarkan arus barang. Cukup ikuti aturan dan penuhi kewajiban yang dipersyaratkan, dan kami akan selalu melakukan pendampingan sesuai peraturan yang berlaku,” ujar Oza Olavia.

Dalam prakteknya, keberadaan PLB dapat menurunkan biaya logistik nasional dan mempercepat waktu bongkar muat (dwelling time) di pelabuhan. Dengan jangka waktu penimbunan paling lama tiga tahun, diharapkan PLB dapat menarik investasi untuk pertumbuhan ekonomi nasional. “Kami harap dengan hadirnya PLB ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan di Sumatera Utara,” ujar Hartono, direktur PT Samudera Raya Berjaya.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*