Bea Cukai Sumut Dampingi Komwas Pajak Audiensi Perusahaan

Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara beserta Bea Cukai Medan mendampingi Tim dari Komite Pengawas Perpajakan (Komwas) Kementerian Keuangan mengunjungi PT Musim Mas pada Rabu (17/11) dalam rangka diskusi mengenai praktik kepabeanan dan cukai di perusahaan tersebut. Tim Komwas Pajak ingin mengetahui seperti apa eksportasi dan juga perpajakan di perusahaan yang berfokus hingga 98% dalam bidang ekspor CPO dan produk turunannya ini.

“Tujuan kami ingin mengetahui apakah ada tumpang tindih peraturan di lapangan, ada hal yg belum diatur, atau sudah diatur tapi tidak bisa dilaksanakan,” jelas Wahid selaku Kasubag Kepabeanan dan Cukai III di Komwas Pajak saat menyampaikan tujuan kunjungan.

Wahid juga menambahkan bahwa tim nya ingin mengetahui realisasi dokumen BC 4.0 seperti apa, nilai transaksi ekspor, dan persentase perbandingan antara realisasi dokumen BC 2.3 dengan BC 4.0 itu seberapa banyak. Kegiatan diskusi antara pihak Komwas Pajak dengan PT Musim Mas menjadi acara inti dari kegiatan kunjunga tersebut.

“Kami merupakan perusahaan eksportir ke 105 negara, dari Asia hingga Eropa dan ini semua berkat dukungan dan kerja sama dari Bea Cukai yang telah memberikan kemudahan dengan fasilitas yg diberikan untuk bisa bersaing di dunia,” jelas Edy Anto perwakilan PT Musim Mas dari bidang akuntan saat memperkenalkan profil perusahaan.

Saat ini PT Musim Mas memiliki empat lokasi Kawasan Berikat dan satu Pusat Logistik Berikat (PLB). PT Musim Mas menjadi satu perusahaan dalam bidang ekspor yang difasilitasi oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk melakukan kegiatan ekspor agar lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *