Bea Cukai Sumatera Utara Gagalkan Penyelundupan Paket Narkotika Asal Cina

Sinergi Bea Cukai Kanwil Sumatera Utara, Bea Cukai Kualanamu serta Direktorat Reserse Narkoba POLDA Sumatera Utara berhasil menggagalkan pengiriman Narkotika Golongan I jenis Tetrahydrocannabinol (THC) yang berasal dari Cina pada Senin (9/11). Narkotika tersebut berbentuk cairan yang dikemas dalam 3 botol berukuran 10 ml.

“Kantor Bea Cukai Kualanamu bekerjasama dengan Ditres. Narkoba POLDA Sumatera Utara berhasil menggagalkan pengiriman barang narkotika golongan I berupa jenis Tetrahydrocannabinol (THC) cair sebanyak 3 botol berukuran 10 ml melalui barang kiriman pos dan mengamankan satu orang terduga pelaku di Kota Medan,” ungkap Elfi Haris Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu dalam jumpa pers di Aula Kantor Bea Cukai Kualanamu pada Jumat (13/11). Jumpa pers tersebut turut dihadiri oleh Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) Bea Cukai Kanwil Sumut Sodikin, Wakil Ditres. Narkoba POLDA Sumut AKBP Agus Darojat dan perwakilan dari BNNP Sumut.

Penindakan tersebut berawal dari kecurigaan petugas pada paket kiriman yang berasal dari Cina dengan penerima WNI di Kota Medan. Berdasarkan kecurigaan tersebut, petugas melakukan pemeriksaan mendalam dan mendapati 3 botol masing-masing berisi 10 ml cairan yang pada kemasan tertera Hemp Oil yang dicurigai merupakan THC.  “Untuk membuktikannya, Bea Cukai Kualanamu melakukan pengujian dibantu oleh Balai Laboratorium Bea dan Cukai (BLBC) Kelas II Medan yang kemudian hasilnya menyatakan bahwa barang tersebut mengandung senyawa kimia Tetrahydricannabinol (THC),” ujar Elfi Haris. Menindaklanjuti hasil tersebut, tim Bea Cukai Kualanamu dan tim P2 Bea Cukai Kanwil Sumut serta tim Ditres. Narkoba Polda Sumut melakukan penindakan kepada penerima barang berinisal JE (39 tahun) di Jalan H.M. Yakub Medan. Hasil penindakan berupa barang bukti dan berkas telah diserahterimakan dari Bea Cukai Kualanamu kepada Ditres. Narkoba POLDA Sumut.

Kabid P2 Bea Cukai Kanwil Sumut Sodikin mengapresiasi POLDA Sumut dan BNNP Sumut atas prestasi dan kolaborasi bersama Bea Cukai. “Meskipun barang bukti ini barangkali tidak seberapa, tapi secara akumulatif dalam setahun seluruh prestasi Bea Cukai yang sudah berkolaborasi baik dengan Polda Sumatera Utara, BNN Provinsi, BNN Nasional maupun dengan Direktorat IV Reserse Bareskrim tahun ini total ada 82 Kg yang kolaborasi dengan Bea Cukai di wilayah Sumatera Utara,” ujar Sodikin.


Bea Cukai terus menjaga komitmen dan kewaspadaan yang tinggi untuk terus menerus menjaga NKRI dan bangsa Indonesia dari bahaya penyalahgunaan narkoba dengan bersinergi bersama Aparat Penegak Hukum (APH) lain seperti kepolisian dan BNN. Masyaraka diminta untuk tidak menyalahgunakan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor (NPP) serta dapat menginformasikan kepada APH apabila mempunyai informasi terkait penyalahgunaan NPP di masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *