BC Tangkap Rokok Ilegal dan Pakaian Bekas

Admin/ July 17, 2019/ Keranjang Berita/ 0 comments

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Utara (DJBC Sumut) merilis tangkapan hasil penindakan selama bulan Juni hingga Juli, Selasa (16/7). Tangkapan berupa rokok ilegal dan pakaian bekas (ballpress) ini dirilis di Pos Pangkalan/Dermaga Kantor Wilayah DJBC Sumut, Belawan.

Penindakan terhadap rokok ilegal yang dilakukan pada Kamis, 4 Juli 2019 merupakan salah satu program dari Operasi Gempur I (periode 17 Juni s.d. 14 Juli 2019) yang telah dilaksanakan oleh DJBC. Penindakan yang dilakukan bersama Polisi Militer Kodam I/ Bukit Barisan di Padang Sidempuan ini berhasil mengamankan rokok ilegal dengan merek Record, Gudang Cengkeh dan Sembilan Bold berjumlah 1.712.524 batang.

Modus rokok ilegal pada tangkapan ini berasal dari kesalahan personalisasi pita cukai atau lebih jelasnya pelekatan pita cukai hasil tembakau yang tidak sesuai peruntukannya. Dari kasus rokok illegal ini, total kerugian negara berjumlah Rp 624.620.200,- dan saat ini sedang dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi yang terkait dengan pelanggaran Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai.

Penindakan terhadap kapal Kapal Motor (KM) Tunas Flora asal Malaysia dilakukan di perairan Sungai Berombang, Panai Hilir, Labuhanbatu. Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap KM. Tunas Flora oleh tim Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung dari kapal patroli BC1508, didapati 683 pakaian bekas (ballpress) dengan total nilai barang Rp 1.366.000.000,-.

Impor pakaian bekas akan mendistorsi pasar domestic produk tekstil dalam negeri yang menyebabkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) tekstil dan Konveksi lokal Industri Tekstildan Produk Tekstil (TPT) akan kalah bersaing. Pakaian bekas juga akan berpotensi menularkan penyakit, selain itu importasi pakaian bekas akan menurunkan harga diri bangsa di tingkat internasional. Saat ini kapal dan pakaian bekas (ballpress) sudah diamankan di Pos Pangkalan/Dermaga Kantor Wilayah DJBC Sumut dan sedang diakukan penyelidikan terkait dengan pelanggaran Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan.

Kepala Kantor Wilayah DJBC Sumut, Oza Olavia, mengatakan bahwa saat ini DJBC sedang melaksanakan Operasi Gempur Rokok Ilegal 2019 yang bertujuan untuk memberantas peredaran rokok ilegal di Sumatera Utara. “Saya harap sinergi yang telah dibangun bersama seluruh aparat penegak hukum dengan Bea Cukai ini dapat berlanjut, tidak hanya dalam pemberantasan rokok ilegal dan ballpress, tapi lebih lanjut untuk menjaga masyarakat dari berbagai macam barang-barang yang berpotensi membahayakan,” ujar Oza.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*