BC Sumut Sosialisasikan Ekspor Pada Acara BNI Regional Trade Talk Series

Dukung program Pemulihan Ekonomi Nasional Bea Cukai Kanwil Sumatera Utara hadiri BNI Regional Trade Talk Series yang diselenggarakan oleh Bank Negara Indonesia (BNI), Medan (24/05). Bertempat di Hotel JW Mariott, kegiatan ini diselenggarakan secara hybrid bersama dengan beberapa BNI regional lainnya. Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara, Parjiya, hadir sebagai salah satu narasumber pada acara ini.

Mengangkat tema Tips and Trick Memperluas Pasar Global Pasca Pandemi, acara ini mengundang para pelaku ekspor serta UMKM yang tersebar di Sumatera Utara. Dalam paparannya, Parjiya menyampaikan materi mengenai prosedur dan fasilitas kemudahan ekspor yang diberikan oleh Bea Cukai termasuk didalamnya program National Logistic Ecosystem (NLE), tantangan bagi eksportir Indonesia dimasa pemulihan pasca pandemi, dan trend ekspor masa kini.

BNI Regional Trade Talks Series ini dihadiri oleh Guberbur Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset, dan SDA, Agus Tripriyono; Direktur Treasury dan Internasional BNI, Henry Panjaitan; Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Sumatera Utara, Parjiya; Kepala dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara, Aspan Sofian; Senior Advisor ICC Indonesia, Haryadi Sarpini.

“Produk Indonesia harus mampu menyesuaikan kebutuhan pasar atau bagaimana mengisi pasar ekspor. Hal ini demi menjawab persaingan eksportir dengan negara lain yang semakin kuat di era Revolusi Industri 4.0. Ekspor Indonesia saat ini masih didominasi oleh bahan mentah dan komoditi alam, hal inilah yang menjadi tantangan bagi eksportir Indonesia untuk merambah pasar ekspor yang lebih luas,” tutur Parjiya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *