BC Kanwil Sumut adakan P2KP Identifikasi Keaslian Pita Cukai

Admin/ June 21, 2019/ Keranjang Berita/ 0 comments

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea dan Cukai ( Kanwil DJBC) Sumatera Utara kembali menyelenggarakan Program Pembinaan Keterampilan Pegawai (P2KP) yang diperuntukan bagi seluruh pejabat/pegawai di lingkungan Kanwil DJBC Sumatera Utara pada Rabu, 19 Juni 2019 bertempat di aula Gedung Keuangan Negara Medan Unit II Lt. VI.

Kegiatan P2KP kali ini membahas tentang identifikasi keaslian pita cukai, yang dibawakan oleh Tomy Irsan, selaku Kepala Seksi Penindakan II bersama dengan Dedy Sianipar, pelaksana Bidang Penindakan dan Penyidikan.

Pada sesi pertama, Tomy Irsan memaparkan mengenai urgensi identifikasi pita cukai, dengan menilik kembali histori penerimaan cukai dari tahun ke tahun mengalami peningkatan serta target mengenai rokok ilegal yang rencananya akan ditekan sampai 3% pada tahun 2019. Selain itu, dijelaskan juga tentang jenis pelanggaran dan sanksi terkait barang kena cukai hasil tembakau ilegal.

Tomy Irsan mengungkapkan bahwa masih kerap ditemukannya rokok ilegal atau tanpa dilekati pita cukai di Wilayah Sumatera Utara.  “Kami akan terus berupaya melakukan penekanan terhadap peredaran rokok ilegal, yang mana masih sering kami temukan” ujarnya.

Selanjutnya, Dedy Sianipar menjelaskan bagaimana cara mengidentifikasi pita cukai desain 2019. Identifikasi pita cukai dapat dilakukan dengan dua tahap yaitu tahap awal dan tahap lanjut. Tahap awal dilakukan secara kasat mata dan menggunakan kaca pembesar. Sedangkan tahap lanjut dilakukan dengan lampu ultraviolet, holoreader, jarum, dan cairan kimia.

Diharapkan dengan adanya P2KP ini, dapat menambah pengetahuan pegawai dalam mengenali pita cukai yang legal sehingga dapat lebih optimal dalam melakukan penyuluhan dan pengawasan.

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*