Antusiasme puluhan eksportir dalam kegiatan Gathering Eksportir

Humas Sumut/ November 9, 2018/ Keranjang Berita, Tak Berkategori/ 0 comments

 

 

Medan, 9 November 2018 — Puluhan eksportir di wilayah Provinsi Sumatera Utara terlihat antusias untuk mendapatkan fasilitas kepabeanan yang ditawarkan oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), pada acara Gathering Eksportir yang diadakan oleh Kantor Wilayah Bea dan Cukai (KWBC) Sumatera Utara beserta jajarannya di Medan, 7 November 2018.

Acara yang dilaksanakan di aula rumah dinas Kepala KWBC Sumut tersebut dihadiri sekitar 50 eksportir dari berbagai bidang industri dan beberapa Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) di wilayah Sumut. Dalam sambutannya, Kepala KWBC Sumut Oza Olavia mengajak para eksportir di Provinsi Sumut untuk memanfaatkan fasilitas kepabeanan yang disediakan pemerintah. “Dengan memanfaatkan fasilitas tersebut diharapkan eksportir nantinya dapat meningkatkan daya saingnya di kancah perdagangan internasional, dapat meningkatkan volume ekspor, dan pada akhirnya meningkatkan volume ekspor, dan pada akhirnya meningkatkan penerimaan devisa ekspor bagi negara,” katanya.

Fasilitas Kepabeanan yang ditawarkan adalah fasilitasi di bidang fiskal dalam bentuk Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) maupun Tempat Penimbunan Berikat (TPB) berupa Kawasan Berikat (KB) maupun Pusat Logistik Berikat (PLB). Dua paket fasilitas fiskal tersebut pada intinya berupa pembebasan atau penangguahan bea masuk (BM) dan tidak dipungut pajak pertambahan nilai (PPN) pada saat melakukan impor bahan baku atau bahan penolong yang digunakan memproduksi barang untuk tujuan ekspor.

Selain memperkenalkan fasilitasi di bidang fiskal, KWBC Sumut juga memaparkan kemudahan dan percepatan proses perizinan bagi eksportir yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut. “Proses perizinan hanya memakan waktu tiga hari di KPPBC, satu jam di KWBC, serta tidak dipungut biaya apapun,” demikian ditegaskan Oza Olavia.

Setelah selesai pemaparan, acara dilanjutkan dengan tanya-jawab antara para eksportir dengan Kepala KWBC Sumut disertai jajarannya, antara lain Kepala Bidang Fasilitas Kepabeanan, Kepala KPPBC Belawan, Kepala KPPBC Medan, Kepala KPPBC Kualanamu, Kepala KPPBC Kualatanjung. Dalam sesi tanya-jawab ini terlihat para eksportir cukup antusias untuk mengetahui lebih dalam tentang fasilitas kepabeanan yang ditawarkan, serta bagaimana tatacara untuk memperolehnya.

Selanjutnya, untuk mendapatkan penjelasan dan jawaban yang lebih teknis dan detil, para eksportir disarankan untuk berkonsultasi langsung ke Bidang Fasilitas Kepabeanan KWBC atau ke KLInIK (Kemudahan Layanan Informasi dan Izin Kebeacukaian) di KPPBC terdekat.

 

 

Share this Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>
*
*