Amankan 3,45 Miliar Rupiah Uang Negara; Bea Cukai Sumut, Kodam I Bukit Barisan, Polda Sumut, dan Lantamal Belawan Musnahkan Barang-Barang Ilegal

Sinergi antara Kantor Wilayah Bea Cukai Sumatera Utara, Bea Cukai Belawan, Bea Cukai Medan, Bea Cukai Kuala Tanjung serta Kodam I Bukit Barisan, Polda Sumut dan juga Lantamal Belawan dalam hal pengawasan selama tahun 2020 dan 2021 membuahkan hasil dengan diadakannya acara pemusnahan barang-barang hasil penindakan pada Selasa (16/11) di Bea Cukai Belawan. Pemusnahan ini dihadiri oleh seluruh instansi pengawas terkait dan juga pihak pendukung seperti Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kejaksaan Negeri, Karantina Pertanian, dan awak media. Total perkiraan nilai barang sekitar 3,57 milyar rupiah dengan potensi kerugian negara yang ditimbulkan karena tidak dipungutnya Cukai, Bea Masuk, dan Pajak Dalam Rangka Impor (PDRI) sekitar 3,45 milyar rupiah.

Pemusnahan ini merupakan hasil penindakan di bidang impor terhadap barang yang terkena peraturan barang larangan atau pembatasan yaitu balepress (pakaian bekas, tas bekas, sepatu bekas) sebanyak 252 bale dan 415 koli, obat-obatan dan alat kesehatan sebanyak 5.228 package, barang elektronik dan spareparts sebanyak 2.400 package, barang olahan makanan sebanyak 5.580 package. Selain itu juga terdapat barang hasil penindakan bidang cukai yakni rokok ilegal sebanyak 3,4 juta batang dan minuman keras ilegal sebanyak 1.112 liter.

Proses pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar pada tungku pembakaran, dihancurkan, dipotong dengan alat bantuan yang keseluruhan nya akan dipastikan menjadi rusak, hancur, dan tidak bernilai lagi. Kegiatan ini sejalan dengan fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yaitu Perlindungan Masyarakat (Community Protection) dari masuknya barang impor ilegal dan peredaran Barang Kena Cukai ilegal.

“Barang-barang yang akan dimusnahkan mayoritas nya rokok, Negara tidak punya dana untuk mengendalikan dampak negatif daripada rokok, kita semua punya kepedulian dalam rangka perlindungan kepada masyarakat,” jelas Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sumut Parjiya.

“Ada 3 pemanfaatan BMN yaitu dilelang, dihibahkan dan dimusnahkan,” tambah Parjiya saat membuka acara pemusnahan bersama.

Parjiya mengajak seluruh peserta melalui awak media untuk bersama memerangi peredaran rokok ilegal di lingkungan sekitar. Sinergi bersama akan terus berlanjut demi melindungi negeri, terbukti dengan beberapa waktu belakangan Bea Cukai Sumatera Utara bersama dengan TNI Angkatan Darat berhasil menindak 2 truk rokok ilegal yang berikutnya juga akan dimusnahkan juga dalam kesempatan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *